Mau perpanjang paspor? siapkan 20 hari!

paspor Indonesia

Saya sangat meyakini bahwa sudah banyak diantara para pengunjung blog ini yang memiliki paspor. Entah untuk mengikuti acara konferensi di luar negeri, kuliah di luar negeri, umroh, atau mungkin sekedar liburan di luar negeri. Memiliki paspor, mau tidak mau memberikan suatu kesan tersendiri bagi para pemiliknya: aku sudah menjadi international person euy!! Meskipun tidak sedikit juga orang-orang yang sudah memiliki paspor namun belum pernah pergi keluar negeri :)

Namun, mengingat masa berlaku paspor untuk pertamakali adalah 5 tahun, kita mungkin akan merasa ‘tenang-tenang’ saja dengan tanggal kadaluwarsa paspor kita. 5 tahun gitu loh., masih lama kalee… eits, jangan salah, siapa yang bermain-main dengan waktu, maka sang waktu akan siap ‘menebas’ kita. Berhati-hatilah dengan waktu! Paspor saya sendiri sebenarnya sudah diujung ‘tebasan’ itu: kadaluwarsa 19 Agustus 2009. alias 2 bulanan lagi. Awalnya sih pede-pede aja untuk tidak segera memperpanjang paspor tersebut dan berencana untuk memperpanjangnya di Indonesia ketika liburan musim panas di bulan Juli mendatang. ‘toh masih berlaku’, pikirku.

Rencana perpanjangan paspor yang sudah diatur sedemikian rupa, akhirnya harus mengalami revisi menyeluruh setelah beberapa pesan berikut saya dapatkan:

  • Agung MD; S2 di Utrecht, Belanda: iya Suk, paspor itu masih harus berlaku minimal 3 bulan ketika kita bepergian ke/dari Belanda. Ada sanksi ‘serius’ yang siap diberikan kepada pelanggarnya.
  • Nurul Fauzia; officer salah satu maskapai nasional: benar itu, tapi tergantung negaranya. Ada yang 3 bulan, tapi ada juga yang 6 bulan. Untuk lebih amannya, sebaiknya diperpanjang aja.. (sambil ngasih link-link ke beberapa kedutaan besar Indonesia di luar negeri)
  • Ketua Jurusan Teknik Mesin KSU; sekaligus supervisor tesisku: “of course you can’t go with a passport like this. Go the embassy, RUN! NOW!!”. Tapi tentu saja bukan segera angkat kaki dan segera bergegas ke KBRI., tapi malah terdiam sejenak mendengar jawaban beliau… ternyata dia care juga!

Akhirnya, pada tanggal 30 Mei 2009 yang lalu, alhamdulillah ada kawan yang hendak pergi ke KBRI juga. Tentu saja motivasi ekonomi menjadi salah satu alasan utama tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini, selain alasan sulitnya mencari taksi di siang hari dari kampus. Setiba disana, kami langsung menuju ke bagian konsuler (kebetulan keperluannya memang di tempat yang sama). Saya butuh memperpanjang paspor, sedangkan kawan saya ini butuh melegalisir dokumen-dokumen yang dimilikinya. Setelah mengantri ‘seadanya’ (karena ga ada garis antrian, pake system siapa cepat dia dapat :P), akhirnya petugas konsuler menerima saya dan mempersilahkan saya mengisi formulir perpanjangan paspor terlebih dahulu.

Yang sedikit ‘aneh’ mungkin ketika ada bagian ‘majikan’ yang harus kita isi. Tapi untuk saya sendiri, ‘majikan’ saya adalah King Saud University itu sendiri. Bukan personal. Setelah formulir tersebut selesai dilengkapi, formulir itupun saya kembalikan beserta 3 buah pas foto ukuran 4×6. namun saat itu saya kehabisan foto ukuran 4×6, sehingga 1 dari 3 pas foto tersebut ada yang berukuran 3×4. hehehe. Untung bapak petugas konsulernya baik, sehingga tetap diterima olehnya. Terima kasih pak!

tanda terima dari konsuler

Saya kemudian mendapatkan ‘kupon’ tanda terima perpanjangan paspor setelah membayar 50SR untuk memperpanjang paspor selama 3 tahun. Ada juga opsi memperpanjang paspor untuk 5 tahun, namun harganya lebih mahal (banget): 200 SR! hmm.., sampai hari ini saya belum mendapatkan logika fenomena ini. Karena biasanya kan yang lebih banyak itu lebih murah harganya. Tapi ini kok sebaliknya ya? Entahlah, mungkin ada yang tau alasannya?

Dan, selanjutnya silahkan menunggu selama 20 hari. He? Ga salah tuh, bukannya bikin paspor (apalagi perpanjang) tinggal input data, verifikasi, lalu print? Aya-aya wae.. well, satu-satunya alasan yang (semoga) bisa diterima adalah: bikin paspor/perpanjang paspornya tidak di Riyadh, melainkan di Jeddah. Hal ini disebabkan karena KBRI Riyadh tidak memiliki alat pencetak identitas paspornya (yang biometrics itu lho, yang ada hologramnya..). Kalau begitu, kenapa KBRI Riyadh ga beli alatnya aja? Supaya pelayanan kepada WNI yang ada di kota Riyadh bisa lebih maksimal? Thinking hardly..

Well, alhamdulillah paspor baruku kini telah jadi. Sebenarnya sudah di KBRI sejak tanggal 16 Juni yang lalu, namun baru sampai ke tangan saya (setelah melalui perantaraan berbagai pihak yang telah turut membantu – syukran katsir) pada tanggal 17 malam. Dan karena tanggal 18-19 itu hari libur, maka paspor baru ini pun belum dapat ‘menjalankan’ tugasnya segera. Ketika hari sabtu tiba (20 Juni), paspor baru ini baru dapat beraktivitas. Hehe, akhirnya 20 hari juga ya? :) paspor sayapun kembali memasuki kantor ‘imigrasi’ KSU untuk melakukan dua hal penting: pemutakhiran data alias update ; karena nomor paspor yang baru berbeda dengan yang lama, serta pengajuan permohonan re-entry visa untuk liburan musim panas ini! Semangat!

About these ads

3 Comments

Filed under KSU-Riyadh-Arab, serba-serbi

3 responses to “Mau perpanjang paspor? siapkan 20 hari!

  1. assalamu’alaykum wr wb…

    mmh jadi kapan si Tth dan si mas dari JB dapat undangan niyyy?

    *maaaf komen gak nyambung ma postingan ^__^

    wa’alaikumussalam wr wb…
    mmh… kapan ya teh? saya ujian dulu aja ya.. :)
    *pokoknya kalau saya maen ke JB, wajib ‘diserpis’ ya.. :P

  2. yunan

    Di Indo ada paket-paket nya lo Kem, bisa cepat bisa lambat, tergantung fulus.

    hehe… paket hemat ada ngga Yun?

  3. wah wah.. ribet juga ya ngurus paspor..
    pengalaman nie.. bisa buat pelajaran nie.. kl paspor ane habis hehehe.. thank’s n syukron wa terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s