Pameran 1/2 hari TA anak Elektro KSU

Hari Ahad, 14 Juni 2008 kemarin, ada yang istimewa di koridor fakultas teknik. panel-panel kayu untuk membuat stan pameran telah dipersiapkan sejak malam hari sebelumnya. tidak ada pengumuman resmi, tidak ada baligo, spanduk, poster maupun pamflet yang terlihat untuk menggambarkan acara yang akan diadakan. ada apa pasal?

Ahad pagi, masih belum nampak ada aktivitas di areal stan ini. namun sekitar pukul 9 pagi, kerumunan orang mulai terlihat disana. ternyata ada pameran tugas akhir dari mahasiswa S1 teknik elektro KSU. barangkali apa perlombaan presentasi juga, karena terlihat beberapa dosen membawa tabel penilaian, dan tentunya aktif bertanya kepada sang mahasiswa.

acara ini berlangsung sangat sederhana. tidak ada dekor yang ‘wah’ , tidak ada dress code khusus untuk peserta pameran., semuanya seperti hari-hari biasa. namun bagi saya, acara ini memiliki konsep yang luar biasa. bayangkan, sang mahasiswa harus bisa menjelaskan kepada khalayak ramai-tidak hanya dosen penguji ketika sidang- tentang apa yang dikerjakannya. dan sang mahasiswa, tentunya akan meningkat kemampuan presentasinya secara tidak langsung, serta makin percaya diri tentunya! (karena ketika saya mengunjungi stan-nya, dia harus pake bahasa Inggris ^^v )

suasana pameran 1/2 hari

melongok sedikit ke negeri zamrud khatulistiwa, Indonesia tercinta.., kegiatan semacam ini tentunya bisa ditiru oleh institusi pendidikan kita: pameran tugas akhir!. tidak perlu mewah, tidak perlu publikasi berlebihan, dan tentunya tidak perlu keluar anggaran. cukup pasang meja di koridor kampus, tempatkan mahasiswa yang akan presentasi, undang temen2nya.. jadi deh pameran ^^v (oh ya, kalau mejanya dikasih taplak., insyaAllah lebih cakep jadinya..). suatu hari nanti, insyaAllah.. amiin

kembali ke koridor fakultas teknik KSU, mau tau tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa disini? subhanallah., keren-keren lho.. ada sistem pengamanan kendaraan via sms, sarung tangan pembaca huruf arab, sistem kontrol irigasi pertanian, bahkan ada robot segala! hehe., sesaat, merasa sedang berada di Jepang ^^v 

dan inilah hasil karya mereka…

sarung tangan pembaca huruf arabsistem pengamanan mobil via HP

 

 

 

 

 

 

 

remote kontrol via HPsistem kontrol irigasi 

 

 

 

 

 

 

sensor optik sederhananiat banget kan? TV aja dipake.. yang ini tentang pemancar gitu.. 

 

 

 

 

 

 

Hexavoider!

5 Comments

Filed under KSU-Riyadh-Arab, Opini

5 responses to “Pameran 1/2 hari TA anak Elektro KSU

  1. fiqihsantoso

    Kalo0 di psikologi unpad beberapa dosen sudah menerapkan konsep stan dan galeri untuk menyelesaikan banyak materi kuliah. Jadi tiap orang keliling menyaksikan pajangan kreatif dan penjelasan dari kelompok yang kebagian tugas….menarik sekali

  2. subhanallah…
    inovasinya tidak biasa. apalagi sarung tangan buat nulis huruf arab.

    jadi kepikiran mau bikin sarung tangan untuk bisa nulis puisi… bisa nggak, ya? hmm…

    Eh, suka di sta manggarai juga?

  3. sukem , kalo mahasiswa sana seragamnya sama semua ya?

    di presentasinya ada yang topiknya tentang energi terbarukan ??

  4. 4 Fiqih: kapan kita bersilaturahim ke Psikologi Unpad? ^^

    4 Artja: insyaAllah bisa., karena puisi untaian kata, sedangkan kata itu untaian huruf..:mrgreen:

    ya, kalau ke jakarta pake kereta, pasti ke Manggarai kan? kalau dari Depok ke jakarta pake KRL, pasti ke Manggarai juga kan?🙂

    4 Yando: hmm., ya begitu Ndo, hampir semua pakai ‘thob’ (a.k.a gamis). tapi ada juga satu-dua yang pake kemeja, bahkan kaos🙂

    hmm., energi terbarukan sepertinya masih butuh waktu Ndo untuk berkembang disini. (cadangan minyak Saudi, menurut beberapa diskusi, masih cukup untuk 200-300 tahun lagi..)

    so., mungkin antum berani memulainya?😀

  5. si tampan

    memang elektro KSU tidak ada duanya
    ck.. ck.. ck..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s