IKASTARA Sekali Lagi Berduka

sehari setelah postingan ‘sampai kapan’ – dimana salah satu latar belakangnya adalah adanya rekan satu angkatan saya yang menjadi korban kecelakaan, keesokan harinya, kecelakaan kembali terjadi. dan kali ini, rekan satu angkatan saya, rekan satu graha (asrama) dan satu kelas di kelas 2 SMA: Lettu (PnB) Wisnu Murti Wardana, menjadi salah satu korbannya.

Innalillahi wa Inna Ilahi Roojiunn. semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala ampuni dosa-dosanya dan menerima amal sholehnya, serta memberikan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkannya.

Ikastara

Jakarta, Jumat, 12 Juni 2009

Ikatan Alumni SMU Taruna Nusantara (IKASTARA) hari ini turut berbelasungkawa atas kecelakaan Helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara yang telah merenggut nyawa 4 orang dengan 3 orang yang masih dalam keadaan kritis. Salah satu dari korban yang meninggal dunia adalah Co-pilot Helikopter Super Puma Lettu (PnB) Wisnu Murti, anggota IKASTARA, Angkatan IX.

Pemerintah seharusnya sudah dapat meminimalisir jumlah kecelakaan-kecelakaan seperti ini. Ini bukan sebuah musibah, karena pemerintah ataupun TNI sudah seharusnya mempelajari kejadian-kejadian ini dan melakukan tindakan-tindakan preventif. Perawatan berkala bukan sebuah tindakan preventif, tetapi kewajiban. Terlebih lagi kecelakaan sore hari ini terjadi pada pesawat yang baru saja melalui perawatan berkala.

Ketua IKASTARA Syarif Syahrial mengatakan “Pada medio 2008 kami telah mengirimkan surat kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Panglima Tentara Nasional Indonesia, dan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Kami mendesak agar kejadian seperti ini tidak terulang. Ternyata masih terulang.”

Sampai saat ini, IKASTARA sudah kehilangan 5 (lima) penerbang TNI AU dalam kecelakaan pesawat, yaitu Lettu (Pnb) Donny Kristian, Angkatan I, dalam kecelakaan pesawat Hawk di Pontianak,19 Oktober 2000, Lettu (Pnb) Harchus Aditya Wing Wibawa, Angkatan VI, dalam kecelakaan pesawat OV-10 Bronco di Malang, 21 Juli 2005, Letda (Pnb) Eliseus Quinta Rumiarsa, Angkatan IX, dalam kecelakaan pesawat OV-10 Bronco di Malang, 23 Juli 2007, Lettu (Pnb) Febi Fitrian, Angkatan VI, dalam kecelakaan pesawat Cassa 212-200 di Gunung Salak, Bogor, 26 Juni 2008, dan Lettu (PnB) Wisnu Murti pada kecelakaan ini di Lanud Atang Sanjaya.

Di sisi lain, seharusnya pemerintah bisa menilai kejadian-kejadian ini dapat menghancurkan kekuatan TNI secara gradual tanpa perlu berperang. Sudah sewajarnya kejadian ini menimbulkan pertanyaan apakah kejadian ini akibat ketidakpiawaian para penerbang kita, atau karena kelalaian para ahli teknis pesawat kita, atau sebenarnya sebuah akibat yang menunjukkan kekurangpedulian pihak-pihak yang berwenang untuk memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan para pejuang dan pahlawan sesungguhnya bangsa Indonesia.

IKASTARA turut berbagi perasaan duka dengan keluarga yang ditinggalkan akibat dari kecelakaan-kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pemerintah ataupun TNI dalam menyikapi kejadian-kejadian seperti ini. “Dalam suasana berkabung ini, IKASTARA turut mendoakan korban, keluarga korban dan sekaligus memberikan dukungan moral bagi TNI agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi pada masa yang akan datang” kata Syarif.

1 Comment

Filed under TNI

One response to “IKASTARA Sekali Lagi Berduka

  1. aby

    Assalamu’alaikum Suk…! Welcome back..!

    Iya, sangat menyedihkan dengan adanya kecelakaan yang beruntun ini… Padahal, negara kita juga sedang hangat2nya membicarakan invasi negara lain menyeberang ke perbatasan kita…😦

    wa’alaikumussalam By., thanks for the greeting🙂
    hehehe.. pantes aja di-invasi By., mereka tahu kondisi alutsista kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s